Jumat, 12 Juni 2009

JALAN REFLEKSI


Keberadaan Jalan Refleksi Agrowisata Tirto Arum Baru sejak tahun 1999. Dibangun sebagai sarana kesehatan untuk pengunjung. Didirikan sebelum fasilitas lain ada untuk menjadi daya tarik pengunjung. Keberadaan Jalan Refleksi saat itu di Tirto Arum Baru menjadi yang pertama di Jawa-Tengah. Pembuatannya secara serius dengan memperhatikan aspek refleksiologi. Batu dikelompokkan berdasarkan ukuran dan disusun sedemikian rupa dengan permukaan dibuat rata dan bergelombang.

Tapak kaki sebagai media penyalur beban tubuh idealnya mampu menahan beban tubuh seberapun beratnya. Ukuran batu dan jarak antar batu membuat prosentse bagian permukaan kaki yang menanggung beban berat tubuh semakin kecil. Akibatnya terjadi tekanan di bagian-bagian tersebut.

Hampir 16 jam aktifitas manusia bertumpu di kedua kakinya. Ini diyaniki Ilmu Kesehatan Tradisional Cina, terdapat hubungan antara saraf diseluruh tubuh dengan kaki. Tak Heran kemajuan teknologi membuat manusia sedikit berolah tubuh, menyebabkan penurunan kesehatan. Refleksi dipercaya dapat menstimulus saraf-saraf diseluruh tubuh melalui telapak kaki.

0 comments: